• Mata uang Libya adalah dinar. Pecahan terbesar terdiri dari 20 dinar, 10, 5, 1, 500 dirham (1/2 dinar) dan 250 dirham (1/4 dinar). Kemudian pecahan setengah dan seperempat dinar. Semua itu pecahan uang kertas. Sedangkan pecahan logamnya terdiri dari 100 dirham dan 50 dirham. 1 dinar = 1000 dirham.
    Dekorasi yang terdapat dalam mata uang dinar Libya merupakan refleksi perjuangan dan ittijah politik negara tersebut yang dituangkan dalam serial mata uang negaranya.Misalnya pecahan 20 dinar. Pada halaman muka digambarkan peta negara Libya dengan proyek raksasanya yang termasuk kategori keajaiban dunia ke-8 yaitu peta ambisius mengenai Sungai Buatan (The Great Man-Made River); sedangkan halaman belakangnya berisi gambar photo para pemimpin negara-negara Afrika dalam pengikraran berdirinya Uni Afrika di kota Sirte, Libya pada tgl 9 Al-Fateh (September) 1999.
    Libya merupakan salah satu negara yang sangat aktif dalam memperjuangkan unifikasi negara-negara Afrika lewat Organisasi Uni Afrika, yang tujuan akhirnya adalah terbentuknya ’The United States of Afrika’ (Negara Afrika Serikat), bahkan akan membuat Parlemen dan Mahkamah Afrika.Pecahan 10 dinar bergambar tokoh pejuang Libya Umar Mukhtar yang pernah difilmkan oleh sutradara Syria Mustafa Akkad berjudul ’Umar Mukhtar’ sedangkan dimuka lainnya bergambar ’Pengumuman Kekuasan Rakyat’ yang merupakan wadah politik pemerintah dan rakyat Libya.
    Semua pecahan uang kertas dinar Libya mengutip ayat suci Al-Qur’an, yang berbunyi,”Walaa Ta’kuluu amwaalakum baynakum Bil Baathili’. (Al-Baqarah : 188). Artinya: ”Janganlah kamu mendapatkan hartamu dengan jalan curang (haram/tidak sah atau bukan hakmu), seperti menipu, korupsi, mark-up, mencuri, merampok, memalsukan dokumen, dan lain-lain cara yang haram seperti yang marak dn terungkap dalam berbagai media di tanah air.
    Boleh juga dipertimbangkan mata uang rupiah mencontoh mata uang dinar Libya tentang pemuatan ayat suci tersebut, sehingga orang yang melakukan kecurangan dan melihat bunyi ayat tersebut bisa menyadarkan dirinya atau minimal dia menyesali perbuatannya dan tidak mengulanginya lagi. Setahu saya baru mata uang Libya yang mengutip ayat suci Al-Qur’an di dalam mata uangnya.

0 comments:

Leave a Reply

Monggo dikomentari ...